Selasa, 14 Mei 2019

Keistimewaan Shalawat AL-MA'STURAT (Sayidina Abdullah Bin Abbas)


Shalawat AL-MA'STURAT



Shalawat adalah bentuk jamak dari kata salat yang berarti do'a atau seruan kepada Allah. Shalawat banyak macam dan faedahnya, ada yang panjang adapula yang pendek atau singkat. Shalawat yang panjang-panjang biasanya dikarang oleh para sahabat nabi atau para waliullah yang bersifat khusus. Adapun shalawat yang pendek-pendek biasanya langsung berasal dari Nabi Muhammad SAW sendiri.


Contoh bacaan shalawat yang panjang adalah seperti : Shalawat Nariyah, Munjiyat, Shalawat Burdah, dan masih banyak lagi. Sedangkan shalawat yang pendek yang langsung dari nabi sendiri, misalnya 'Shallalahu ala Muhammad'.

Dalam artikel kali ini kita tidak membahas panjang dan pendeknya shalawat, tetapi membahas sedikit tentang Shalawat Al-Ma'sturat.

Shalawat Al-Ma'sturat ini pendek tapi mempunyai kelebihan yang tersendiri diantara berbagai shalawat yang ada.
Dijelaskan bahwa Imam Abu Nuaim, Imam Thabarani dalam Mu'jamul ausath dan mu'jamul kabir dan beberapa ulama ahli hadis lainnya menyebutkan riwayat dengan sanad yang muttashil kepada sahabat yang bernama Sayidina Abdullah bin Abbas Radhiyallahu Anhuma dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Siapa saja yang membaca shalawat ini, maka 70 malaikat akan kerja bakti untuk mencatat pahalanya sampai 1000 hari.

Berikut shalawat yang dimaksud:

Jazallahu 'anna sayyidana muhammadan shallallahu a'laihi wa sallama bima huwa ahluh


yang artinya:

'Semoga Allah memberikan balasan kebaikan kepada pemimpin kita Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam atas jasa-jasa beliau kepada kita dengan balasan yang pantas beliau terima.'

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Nota: Hanya ahli blog ini sahaja yang boleh mencatat ulasan.