Isnin, 17 Disember 2018

Inilah Investasi Untuk Akhirat Anda


Posted on
  • Senin, 18 April 2016
  • by
  • Bassry ILT
  • in
  • Label: ,
  •  
    Inilah Investasi Untuk Akhirat Anda
    Sangat disayangkan sekali apabila kita hanya memikirkan dunia tanpa memikirkan akhirat yang merupakan kehidupan kekal bagi kita. Hendaknya kita jangan hanya memikirkan kebutuhan hidup di dunia, kita bisa berinvestasi atau menabung untuk masa depan di dunia yang belum tentu kita menemuinya tapi apakah kita sudah menabung atu berinvestasi untuk kehidupan di akhirat yang pasti kita menemuinya.

    Apabila seorang manusia telah meninggal dunia maka dia tidak akan bisa lagi melakukan amal kebaikan. Dia hanya bisa menerima pahala dari investasi amal kebaikan yang telah ditanamkannya semasa dia masih hidup di dunia. Lalu investasi seperti apakah yang bisa kita lakukan. Rasulullah SAW bersabda,

    "Apabila anak Adam (manusia) meninggal dunia, maka terputuslah semua (pahala) amal perbuatannya kecuali tiga macam perbuatan, yaitu amal jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak soleh yang mendoakannya" (HR. Muslim).

    Amal jariyah adalah amal yang kita lakukan semasa masih hidup di dunia dimana dengan amal itu pahalanya akan mengalir terus-menerus. Sebagai contoh apabila kita menginfakkan sebagian harta kita untuk pembangunan masjid, maka setiap ada orang yang melakukan ibadah di masjid itu baik salat, membaca Al-Quran atau pun kegiatan-kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi umat maka setiap itu juga kita akan mendapatkan aliran pahala.

    Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang kita ajarkan kepada saudara-saudara kita ataupun anak cucu kita. Sebagai contoh apabila kita mengajari orang membaca Al-Quran atau belajar salat, makan setiap kali mereka membaca Al-Quran atau mereka melakukan salat maka kita juga akan mendapatkan bagian pahalanya.

    Doa Anak saleh atau Salehah adalah anak yang berbakti kepada orang tua baik semasa di dunia maupun setelah orang tuanya meninggal. Berbaktinya anak di dunia adalah seperti mengurus orang tua yang sudah renta, membahagiakan orang tua, selalu taat kepada orang tua, selalu bertutur kata lembut dan sopan dan lain-lain. Sedang berbaktinya anak setelah orang tua meninggal salah satunya adalah dengan selalu mendoakan orang tua mereka, memintakan ampun atas dosa-dosa orang tuanya. Doa anak yang saleh dan salehah adalah doa yang diijabah oleh Allah SWT.

    Mari mulai sekarang kita persiapkan investasi kita untuk akhirat dengan melakukan amalan-amalan kebaikan, membimbing anak-anak kita agar menjadi anak yang saleh salehah dan mengajarkan ilmu yang kita punyai kepada saudara-saudara yang lain. Semoga Allah menggolongkan kita kedalam golongan orang-orang yang selalu mempersiapkan bekal untuk akhirat dan tidak dilalaikan oleh kenikmatan semu dunia, aamiin.
     



































     

    Tiada ulasan:

    Catat Ulasan

    Nota: Hanya ahli blog ini sahaja yang boleh mencatat ulasan.