Isnin, 17 Disember 2018

Ternyata Luar Biasa Manfaat Silaturahmi

Posted on
  • Minggu, 17 April 2016
  • by
  • Bassry ILT
  • in
  • Label: ,
  •  
    Ternyata Luar Biasa Manfaat Silaturahmi
    Menyambung tali silaturahmi merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Banyak diantara kita yang tahu apa itu silaturahmi tapi banyak diantara kita yang tidak tahu manfaat besar yang diperoleh dari menyambung tali silaturahmi. Setelah anda tahu tentulah anda akan menjaga silaturahmi karena manfaatnya yang begitu luar biasa. Berikut manfaat-manfaat yang akan diperoleh dari mejalin tali silaturahmi.

    1. Balasan kebaikan cepat diperoleh
    Sebagaimana sabda Rasulullah SAW
    "Tidak ada satu kebaikanpun yg pahalanya lebih cepat diperoleh daripada silaturahmi, dan tidak ada satu dosapun yg adzabnya lebih cepat diperoleh, melebihi kezaliman dan memutuskan tali silaturahmi"

    2. Dilapangkan rezeki dipanjangkan umur
    Dari Anas ra, ia berkata bahwa Rasullah SAW bersabda,
    “Barangsiapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dilamakan bekas telapak kakinya (dipanjangkan umurnya), hendaknya ia menyambung tali silaturahm" [Mutafaq ‘alaih]

    Dari Abu Hurairah, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

    مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
    Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturrahmi” (HR. Bukhari no. 5985 dan Muslim no. 2557).

    3. Dicintai keluarganya
    Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata,

    مَنِ اتَّقَى رَبَّهُ، وَوَصَلَ رَحِمَهُ، نُسّىءَ فِي أَجَلِه وَثَرَى مَالَهُ، وَأَحَبَّهُ أَهْلُهُ
    Siapa yang bertakwa kepada Rabb-nya dan menyambung silaturrahmi niscaya umurnya akan diperpanjang dan hartanya akan diperbanyak serta keluarganya akan mencintainya” (Diriwayatkan oleh Bukhari dalam Adabul Mufrod no. 58, hasan).

    4. Ajalnya akan diundur
    Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

    مَنِ اتَّقَى رَبَّهُ ، وَوَصَلَ رَحِمَهُ ، نُسِّئَ فِي أَجَلِهِ ، وَثَرَى مَالُهُ ، وَأَحَبَّهُ أَهْلُهُ
    “Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah dan menyambung silaturahmi, maka ajalnya akan diundur, hartanya akan diperbanyak, dan akan dicintai oleh keluarganya”.

    5. Dimasukkan kedalam surga
    Ali r.a meriwayatkan dalam sebuah hadist, “Barangsiapa yang mengambil tanggungjawab atas suatu perkara, aku akan menjamin baginya empat perkara. Barangsiapa bersilaturahmi, umurnya akan dipanjangkan, kawan-kawannya akan cinta kepadanya, rezekinya akan dipalangkan, dan ia aman masuk ke dalam surga" (Kanzul ‘Ummal).

    Rasulullah ditanya oleh seorang sahabat, “Wahai Rasulullah kabarkanlah kepadaku amal yang dapat memasukkan akan ke surga”. Rasulullah menjawab; “Engkau menyembah Allah, jangan menyekutukan-Nya dengan segala sesuatu, engkau dirikan shalat, tunaikan zakat dan engkau menyambung silaturahmi“ (HR. Bukhari).

    6. Mendatangkan rahmat Allah
    “Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara. Karena itu, damaikanlah antara kedua Saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat” (QS. Al-Hujurat: 10).


    7. Mendatangkan pertolongan Allah
    “Telah datang seorang laki-laki kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata, “Wahai Rasulullah, aku ini punya kerabat yang aku menyambung silaturahmi, tetapi mereka memutuskan hubungan denganku. Aku berusaha untuk berbuat baik kepada mereka, tapi ternyata mereka berbuat jahat denganku. Mereka itu berbuat tindakan yang bodoh / menjahili aku, padahal aku bersabar menghadapi mereka.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata, “Kalau benar seperti yang kamu ucapkan, maka seakan-akan engkau memberi makan mereka abu yang panas (yang membakar perut mereka) dan Allah akan senantiasa tetap menjadi penolong bagimu selama kamu berbuat demikan”.

    Itulah manfaat besar yang akan kita peroleh apabila kita selalu menjaga tali silaturahmi kepada semua saudara. Semoga Allah menggolongkan kita kepada orang-orang yang selalu menjaga silaturahmi, aamiin.



































     

    Tiada ulasan:

    Catat Ulasan

    Nota: Hanya ahli blog ini sahaja yang boleh mencatat ulasan.