Isnin, 3 Jun 2019

KEUTAMAAN DAN FADHILAH AL-AN’AM 1-3


ASSALAMU ALAIKUM WR WB
Dari anas bin malik berkata:Rosululloh saw bersabda:
“Surat al an’am diturunkan bersama iring iringan malaikat yang menutupi arah barat dan timur sambil menyairkan tasbih sehingga menutupi bumi.Dan rosul pun mengucap maha suci tuhanku

yang maha agung 3x.
Surat al an’am tidak diturunkan secara berangsur angsur seperti surat surat lainya,namun surat al an’am diturunkan sekaligus.
Addarimi meriwayatkan musnadnya dari umar bin khotob ra berkata:surat al an’am adalah termasuk surat pilihan, dan merupakan pembukaan kitab taurot,sedangkan penutub taurot adalah surat hud.
TERJEMAHAN AL AN’AM AYAT 1-3:
1.Segala puji bagi alloh yang telah menciptakan langit dan bumi,dan menjadikan gelap dan terang,namun demikian orang orang yang ingkar masih menyekutukan Tuhan(menyamakan dengan yang lainya).
2.Dialah yang menciptakan kamu dari tanah,kemudian menetapkan ajal dan batas waktu tertentu yang hanya diketahui olehNYA.Namun demikian kamu masih meragukanya.
3.Dan dialah alloh(yang disembah,yang maha meliputi) langit dan bumi.Dia maha mengetahui yang kamu rahasiakan,dan apa yang kamu nyatakan,dan maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Ibnu abbas mengatakan:ketiga ayat itu diturunkan Alloh sendiri untuk memuji zatNYA sendiri sebagai sanggahan dari segolongan manusia bahwa Alloh mempunyai anak,dan anggapan bahwa malaikat adalah putri alloh(HR.ibnu jarir)
Ats Tsalabi meriwayatkan dari jabir dari Nabi SAW bersabda:
Barang siapa membaca tiga ayat permulaan surat al an’am maka alloh mewakilkan 40 ribu malaikat agar mencatat kebaikan ibadah mereka untuk dia sampai hari kiamat.
Dan turunlah malaikat dari langit ke tujuh yang membawa tongkat besi, bila syaithon hendak menggodanya maka alloh memerintahkan malaikat itu agar memukulnya,maka antara mereka dan syaithon terdapat 70 benteng.
Apabila hari kiamat telah tiba maka ALLOH yang maha berkah dan maha luhur berfirman”berjalanlah pada naunganKu,pada hari itu tidak ada naungan kecuali naunganKu.Dan makanlah dari buah buahan surgaKU,minumlah dari telaga kautsar dan mandilah dengan air salsabil,maka kau adalah hambaku dan AKU adalah Tuhanmu.
Moco qur’an angen angen sak maknane(membaca alquran sambil merenungkan maknanya),makna yang perlu direnungkan adalah terjemahan tiga ayat diatas terutama kalimat yang ditulis dengan huruf miring.Rahasia agar memperoleh benteng mutlak terletak disitu selain pengamalan lewat pembacaan ayatnya.Pembacaan ayatnya saja tentulah belum maksimal tanpa disertai laku selama hidup /sehari hari mengamalkan tiga ayat surat al an’am ayat 1-3.
Disitulah kunci rahasianya, ibarat sebuah kunci yang dibuang di lahan rumput,bila rumputnya lebat cukup lama menemukan kunci tersebut,namun bila rumputnya sedikit tidak terlalu lama menemukanya.
SETIAP AMAL BAIK ADA PINTUNYA TERSENDIRI DISURGA,tidaklah baik menganggap amalan saudara sesama muslim bid’ah,alangkah baik mencari dengan belajar apa yang belum kita ketahui.Ribuan pintu amal surga hanya baru sedikit yang kita amalkan,karena kita belum mengetahuinya.
JALAN UNTUK PENGENALAN KEPADA ALLOH SEBANYAK ALIRAN NAFAS.


















Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Nota: Hanya ahli blog ini sahaja yang boleh mencatat ulasan.